
Penulis : | Tanggal : |
Annisa Putri | March 19,2024 |
Jakarta 19/03/2024. Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan rapat dalam rangka memberikan perhatian dan pengawasan terhadap kualitas jaringan telekomunikasi untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Acara ini dilaksanakan di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.
Acara ini dihadiri oleh Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, Sekretaris Jenderal Kominfo Mira Tayyiba, Inspektur Jenderal Kominfo Arief Tri Hardiyanto, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Fadhilah Mathar, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hary Budiarto, serta jajaran Staf Ahli Menteri dan Staf Khusus Menteri.
Selama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, trafik telekomunikasi dan data diperkirakan akan meningkat sekitar 7% hingga 20% dibandingkan dengan trafik data pada hari biasa. Kementerian Kominfo akan bekerjasama dengan penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler dalam meningkatkan Quality of Service (QoS).
Menteri Budi Arie menyatakan akan terus melakukan pemantauan melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi Pos dan Penyiaran (PMT). Dalam hal monitoring kualitas layanan broadband dan menjaga kelancaran jaringan telekomunikasi, Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika DJPPI Kominfo secara rutin melakukan pengukuran QoS di seluruh kabupaten/kota di Indonesia dan lokasi strategis lainnya yang diperlukan sepanjang masa mudik dan lebaran.
Terdapat 4 langkah upaya antisipatif Penyelenggara Telekomunikasi menjelang lebaran yaitu sebagai berikut;
- Optimasi kualitas dan kapasitas jaringan di titik-titik keramaian seperti jalur mudik/tol, pusat perbelanjaan, pusat transportasi, tempat wisata, masjid dan area residential dengan pertumbuhan traffic broadband signifikan.
- Peningkatan kapasitas jaringan internet, penambahan jaringan FO, penambahan BTS baru, dan penyediaan mobile BTS di titik-titik keramaian.
- Pengukuran drive test di sepanjang jalur mudik/tol untuk memastikan kualitas layanan tetap terjaga.
- Pengadaan posko mudik di berbagai daerah dan personel yang bersiaga selama 24 Jam, serta command center dan call center yang juga beroperasi selama 24 Jam.
Melalui langkah ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi, menjaga kelancaran komunikasi, serta memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat dalam berkomunikasi selama perayaan Hari Raya Idul Fitri.